5 Tipe Alat Bantu Dengar, Pilih Sesuai Kebutuhan!

Salah satu indera penting bagi manusia adalah indera pendengar atau telinga. Mampu menjaga telinga dengan baik tentu menjadi hal penting. Jika pendengaran terganggu, maka dibutuhkan alat bantu dengar. Beragam tipe alat bantu dengar tersedia, sesuai dengan kebutuhan dari orang yang akan menggunakannya.

Alat bantu dengar merupakan sebuah rancangan yang dibuat untuk membantu masyarakat yang memiliki gangguan pendengaran untuk bisa berkomunikasi dengan baik. Pemilihan alat bantu dengar dapat ditentukan dari tingkat gangguan yang dialami oleh pengguna. Berikut ini beberapa tipe alat bantu untuk pendengaran yang bermasalah:

1. In The Canal (ITC)

ITC ini merupakan tipe alat bantu dengar yang kecil dan bisa dipakai pada liang telinga pengguna. Alat bantu dengar ini bisa dipakai oleh penderita gangguan pendengaran dengan tingkat ringan sampai dengan tingkat gangguan pendengaran sedang.

Beberapa jenis alat bantu tipe ITC tersebut dilengkapi dengan fitur mikrofon terarah yang mampu membantu pemakainya mendengar suara di keramaian. Alat bantu tipe ini memiliki speaker yang rentan tersumbat karena kotoran telinga.

2. Behind The Ear (BTE)

Merupakan tipe alat pendengar yang banyak digunakan oleh masyarakat yang memiliki gangguan pada indera pendengarannya. Terdapat tiga bagian utama dari alat tersebut, yaitu tube yang bisa menyalurkan suara dari bagian speaker ke bagian telinga. Kemudian, earmould yang akan menyangga pada telinga ketika bagian alat lainnya dimasukkan ke liang telinga.

3. On The Ear (Mini BTE)

Tipe alat dengan model yang lebih kecil dari BTE, mini BTE ini juga dipakai pada belakang telinga penggunanya. Perbedaan dengan tipe BTE hanya terletak pada ukurannya. Bagian selang kecil atau tube, hampir tak terlihat jika dibandingkan dengan BTE.

Rancangan pada bagian earmould juga nampak lebih kecil dari tipe BTE, sehingga untuk jenis ini disebut versi mini dari BTE. Tipe ini mampu meningkatkan kualitas serta kenyamanan dari pengguna alat tersebut. On The Ear dapat menjadi pilihan bagi pengguna yang akan memilih jenis alat bantu untuk pendengaran yang banyak digunakan.

4. Completely In the Canal (CIC)

Jenis CIC mempunyai ukuran lebih kecil apabila dibandingkan tipe alat bantu pendengaran yang lainnya. Pengguna yang memakai alat ini terlihat seakan tak menggunakan alat bantu dengar. Hanya akan terlihat sedikit senar penarik berwarna transparan.

Alat bantu yang bisa dipakai oleh penderita dengan gangguan pendengaran ringan sampai dengan berat. Serupa dengan tipe ITC, alat bantu ini juga rentan mengalami penyumbatan karena kotoran pada telinga. Sebaiknya, bersihkan secara rutin supaya tidak terjadi penyumbatan pada alat bantu pendengaran yang digunakan tersebut.

5. In The Ear (ITE)

Bagi jenis alat bantu dengar yang satu ini, merupakan model yang bisa dipakai di dalam telinga penggunanya. Pengguna yang memakai alat ini akan terlihat seperti tidak menggunakan alat bantu dengar, seperti jenis BTE.

Tipe ITE ini bisa dipakai oleh penderita gangguan pendengar yang ringan sampai gangguan pendengaran yang berat. Ukuran dari alat ini lebih kecil jika dibandingkan dengan tipe BTE, adapun beberapa tipe alat ini memiliki fitur telecoil. Fitur tersebut dapat membantu pengguna meningkatkan kualitas pendengaran ketika melakukan panggilan telepon.

Beragam tipe alat bantu dengar yang dapat dipilih sesuai dengan tingkat gangguan hingga tingkat kebutuhan penggunanya. Masyarakat bisa mengunjungi Aqm-hearingcenter.com untuk melakukan konsultasi terkait masalah pada pendengarannya. Periksa sejak dini jika mengalami masalah pada telinga yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.