Asuransi Mobil Syariah Terbaik: Autocillin syariah

Seringkali kita akan mengalami kejadian tak terduga saat mengendarai mobil, walaupun terkadang itu bukan kesalahan kita namun kesalahan pengguna jalan yang lain namun ada baiknya untuk mengantisipasinya.

Asuransi kendaraan syariah merupakan suatu produk jasa perlindungan yang diberikan oleh suatu pihak asuransi yang dapat anda gunakan untuk mobil yang anda miliki tentunya dengan prinsip syariah yang berlaku. Sebenarnya perbedaan prinsip syariah pada asuransi terletak pada jenis akad dan pengelolaan dana. Asuransi syariah sesuai dengan prinsip syariah tidak boleh menganndung gharar (ketidakpastian), riba (Bunga), maisir (perjudian) dan berbagai hal lain yang tidak sesuai prinsip syariah islam. Perbedaan dengan asuransi konvensional yang memiliki premi asuransi, pada asuransi syariah menggunakan prinsip kontribusi peserta yang akan dikumpulkan dalam pool dana tabarru’ yang tidak dapat dipakai oleh perusahaan asuransi.

Selain berguna untuk mobil pribadi, anda juga dapat mengasuransikan mobil bisnis yang anda miliki dari berbagai risiko yang mungkin terjadi misal kebakaran, kecelakaan, kerusakan, kerusuhan hingga bencana alam. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merilis penyebab pembunuh terbesar di Indonesia dan menariknya adalah kecelakaan menjadi penyebab pembunuh ketiga terbesar di Indonesia setelah penyakit jantung koroner dan penyakit Tuberkulosis. Pada tahun 2012 pihak Kepolisian Republik Indonesia mencatat setidaknya 109.038 kasus kecelakaan. Umumnya, penyebab kecelakaan terbesar adalah faktor kelalaian manusia itu sendiri, walaupun tidak dapat dipungkiri bahwa kelalaian orang lain juga dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya kecelakaan. Meskipun risiko kematian akibat kecelakaan dapat dikurangi dengan meningkatkan tingkat safety (keamanan) namun ada berbagai hal – hal kecil yang dapat terjadi kepada mobil anda. Walaupun sekedar kerusakan ringan seperti lecet, namun biaya yang dibutuhkan umumnya tidak sedikit terlebih lagi jika anda sedang dalam masa penghematan pengeluaran tentunya biaya seperti perbaikan mobil belum tentu masuk ke perencanaan anggaran milik anda.

Sebelum anda menentukan perusahaan asuransi mobil adira syariah yang akan anda pilih, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu dua jenis asuransi mobil:

  1. Asuransi mobil all risk

All risk jika diartikan dalam bahasa indonesia memiliki arti “keseluruhan risiko”. Maksudnya, asuransi jenis ini mampu mengcover secara keseluruhan kerusakan yakni segala jenis kerusakan yang akan terjadi di kemudian hari baik dari kerusakan ringan hingga kerusakan berat maupun kehilangan. Namun, kekurangan dari jenis asuransi ini adalah biaya yang dibutuhkan jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan asuransi TLO (Total Loss Only)

  1. Asuransi Mobil TLO (Total Loss Only)

Total Loss Only jika diartikan sebagai “hanya (jika) kehilangan total”, hal ini memiliki arti bahwa anda hanya dapat mengajukan klaim asuransi hanya jika terjadi “kehilangan total”. Dalam dunia asuransi, maksud kehilangan total yakni kerusakan yang terjadi lebih dari 75% maupun tindak pencurian atau juga dapat karena tindak pidana perampasan. Apabila kerusakan yang terjadi pada mobil anda kurang dari itu maka anda tidak dapat mengajukan klaim asuransi. Kenapa memilih nilai 75%? Nilai 75% diambil karena dianggap apabila kerusakan mobil mencapai jumlah itu maka mobil dianggap sudah tidak dapat digunakan lagi. Kelebihan jenis asuransi mobil TLO (Total Loss Only) adalah nilai premi yang lebih rendah jika dibandingkan dengan All risk.

Lalu, bagaimana cara memilih apakah anda harus memilih All risk atau TLO? Lihat aset mobil yang anda miliki apabila aset anda terbilang memiliki harga tinggi hingga jika terjadi kerusakan maka anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit walaupun itu kerusakan ringan. Lalu, apakah mobil anda tersebut sering digunakan? Jika jawabannya Iya, maka anda sebaiknya memilih asuransi ini. Karena mobil yang sering dipakai tentunya memiliki kemungkinan terjadinya kecelakaan yang lebih tinggi. Terlebih lagi jika rute yang sering anda lalui merupakan jalur padat, maka anda memang harus memilih resiko All risk. Selain itu anda juga harus mempertimbangka letak Indonesia yang memungkinkan sering terjadinya bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, banjir hingga kerusuhan dan terorisme yang menyebabkan anda harus memilih jenis asuransi all risk. Ada berbagai pilihan asuransi kendaraan syariah yang dapat anda pilih. Tentu dengan mempertimbangkan premi dan polis yang akan anda peroleh.