Bank terbesar El Salvador bermitra dengan Flexa untuk pembayaran Bitcoin

Bancoagrícola akan bekerjasama dengan Flexa dalam menerima Bitcoin di seluruh jaringan bank untuk pembayaran seperti pinjaman dan kartu kredit.

Bancoagrícola, lembaga keuangan terbesar di El Salvador, akan meningkatkan kebijakan adopsi Bitcoin di negara tersebut setelah melakukan kemitraan dengan gateway pembayaran digital Flexa.

Menurut pengumuman yang dilakukan oleh Flexa pada hari Kamis, Bancoagrícola telah menandatangani kesepakatan dengan jaringan pembayaran crypto untuk memungkinkan transfer Bitcoin (BTC) bagi pelanggan bank, termasuk klien ritel dan pedagang.

Sebagai bagian dari kemitraan, pelanggan Bancoagrícola dapat melakukan pembayaran kartu kredit dalam mata uang dolar Amerika Serikat melalui Flexa atau dompet lain yang mendukung Lightning Network seperti Chivo dan clair. Menurut rilis, pembayaran ini tidak akan menarik biaya tambahan dan akan mencakup pinjaman dan barang dagangan, dan diantara keduanya.

Baca juga berita lainnya : XRP Dan ETC Koin Mana Yang Layak Untuk Investasi Jangka Panjang?

Flexa baru-baru ini telah menambahkan dukungannya untuk pembayaran Lightning dengan fitur seperti yang dilaporkan dan ditujukan untuk klien pedagang.

Kemitraan Bancoagrícola dengan Flexa datang setelah Bitcoin secara resmi menjadi alat pembayaran yang sah di El Salvador.

Laporan pengecer di El Salvador yang menerima Bitcoin menjadi hal biasa di media sosial seperti yang dilaporkan oleh Cointelegraph bahwa gerai McDonald menerima BTC sebagai pembayaran.

Menurut presiden negara tersebut, jika kebijakan adopsi Bitcoin El Salvador terbukti berhasil, penyedia layanan uang global seperti MoneyGram dan Western Union dapat kehilangan hingga $400 juta per tahun.

Memang, pengiriman uang menyumbang proporsi yang signifikan dari produk domestik bruto El Salvador — 23% pada tahun 2020 saja — dengan 70% populasi dilaporkan menerima uang dari luar negeri.

Baca juga berita lainnya : Melirik Cuan Dari Trading Crypto

Kembali pada bulan Agustus, Bank Sentral Amerika untuk Integrasi Ekonomi, atau CABEI, menyatakan bahwa mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah dapat berdampak positif pada pengiriman uang di wilayah tersebut. Pada saat itu, CABEI berjanji untuk membantu negara tersebut dalam membangun kerangka teknis untuk adopsi BTC dan mematuhi standar anti pencucian uang internasional.

Hukum Bitcoin El Salvador bukannya tanpa tentangan karena mayoritas penduduk negara itu dilaporkan menentang langkah tersebut. Entitas keuangan global seperti Dana Moneter Internasional juga telah memperingatkan agar tidak mengadopsi Bitcoin sebagai mata uang nasional.