Beberapa Manfaat yang Didapatkan dari Jagung Ketika Mengonsumsinya

Jagung mengandung karbohidrat tinggi dan gula dibandingkan dengan nasi, jagung tetap menjadi bahan makanan yang disarankan untuk dikonsumsi. Hal ini terjadi karena jagung mengandung vitamin B1, B5, dan C yang berguna dalam membantu  manusia untuk memerangi penyakit dan menghasilkan sel baru bagi tubuh. 

Jagung juga memiliki kandungan serat tinggi yang dapat digunakan dalam menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh. Jagung pun memiliki beberapa manfaat yang didapatkan dari Jagung ketika mengonsumsinya dengan pengolahan yang benar antara lain sebagai berikut.

Beberapa Manfaat yang Didapatkan dari Jagung Ketika Mengonsumsinya

1. Membantu dalam Menyehatkan Mata

Karetenoid yang terkandung dalam jagung dapat dimanfaatkan dalam menjaga kesehatan mata yaitu dari zat antioksidan lutein dan zeaxanthin. Berdasarkan  British Journal of Ophthalmology, zat zeaxanthin dapat membantu dalam mencegah degenerasi makula pada mata, katarak, serta kerusakan oksidatif lainnya.

Penyakit yang disebabkan oleh blue light pada laptop atau smart phone dapat dikurangi dengan mengonsumsi jagung dengan porsi yang sesuai.

2. Menjadi Penambah Energi

Jagung mengandung zat karbohidrat kompleks, yaitu karbohidrat dengan jenis yang dapat dicerna dalam waktu yang lebih lama. Proses inilah sangat menguntungkan bagi Anda yang mengonsumsi jagung, karena jagung dapat memberikan energi dalam jangka waktu yang cukup lama. 

3. Mencegah Penyakit Divertikulosis

Jagung juga memiliki manfaat dan berperan penting dalam mencegah penyakit divertikulosis. Divertikulosis merupakan suatu kondisi kesehatan dalam tubuh yang ditandai dengan adanya kantung pada dinding usus besar, 

Gejala yang disebabkan oleh penyakit ini  antara lain kram perut, perut terasa penuh, hingga infeksi dan pendarahan. Makanan tinggi serat seperti jagung ini  memiliki manfaat yang cukup besar yaitu dalam membantu sistem kerja pencernaan.

4. Mencegah Penyakit Diabetes & Menurunkan Kolesterol

Jagung juga memiliki manfaat yang dapat dirasakan untuk Anda yang memiliki riwayat penyakit gula atau diabetes. Hal ini terjadi karena jagung memiliki kandungan polyphenols yang dapat membantu Anda dalam melindungi tubuh dari penyakit diabetes tipe 2. 

Selain itu, jagung juga mengandung banyak serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini berarti jika jagung juga bermanfaat dalam menurunkan dan menstabilkan gula darah dalam tubuh.

5. Menghindari Bayi yang Cacat Lahir

Ibu-ibu hamil sebaiknya mengonsumsi berbagai asupan makanan yang banyak mengandung asam folat. Kandungan asam folat ini diperlukan agar dapat mencegah berbagai masalah kesehatan yang tak dapat menyerang bayi seperti risiko spina bifida dan malformasi saraf lainnya.

Jagung  ini juga mengandung banyak folat dan nutrisi lainnya, sehingga manfaat jagung ini dapat berguna dan bermanfaat bagi ibu-ibu yang sedang hamil dan menyusui.

6. Menurunkan Risiko Anemia (Kurang Darah)

Jagung juga memiliki manfaat yaitu dapat membantu dalam menurunkan risiko anemia. Jagung yang banyak mengandung asam folat, vitamin B12, dan zat besi dapat digunakan dalam membantu pembuatan atau pembentukan sel darah merah dalam tubuh sehingga dapat mencegah penyakit anemia.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh (Imun tubuh)

Jagung juga memiliki manfaat dalam proses kekebalan tubuh keluarga termasuk untuk anak-anak bayi, jagung juga mengandung banyak vitamin A yang dapat digunakan oleh tubuh dalam fungsi sistem kekebalan tubuh, pertumbuhan dan perkembangan bayi dengan sehat.

Demikian merupakan penjelasan mengenai beberapa manfaat yang didapatkan dari jagung ketika mengonsumsinya. Semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan Anda dan semoga bermanfaat