Cara Menggunakan Auto Reply GB Whatsapp untuk Mengirimkan Pesan Secara Otomatis

Menjadwalkan pesan agar dapat membalas secara otomatis merupakan fitur yang menarik. Apalagi bagi yang memiliki jadwal harian super sibuk, terkadang chat WhatsApp bisa tidak terkontrol yang berakhir tanpa adanya balasan. WhatsApp sendiri menghadirkan WhatsApp Business untuk fitur ini. Selain itu, cara menggunakan auto reply GB WhatsApp cukup mudah jika tidak ingin menggunakan WhatsApp Business.

Tanpa menggunakan aplikasi bot responder, GB WhatsApp atau WhatsApp versi modifikasi bisa memunculkan balasan otomatis ketika telah diatur. Pesan yang dituliskan pun tergantung keinginan dari penggunanya. Bisa menuliskan pesan panjang maupun singkat agar tidak terjadi kesalahpahaman saat pesan tidak terbalas ketika pengguna sedang sibuk. Untuk menerapkan auto reply, ikuti langkah di bawah ini dengan saksama:

1. Lakukan Instalasi GB WhatsApp

Perlu diketahui, WhatsApp resmi belum memberikan fitur auto reply kecuali pengguna menggunakan WhatsApp Business. Untuk itu, memanfaatkan kehadiran GB WhatsApp bisa menjadi salah satu alternatif untuk menikmati fasilitas ini. Silakan unduh terlebih dahulu aplikasi GB WhatsApp melalui situs-situs yang tersedia di Internet. Aplikasi modifikasi ini tidak tersedia di Play Store sehingga perlu mencarinya secara manual.

Agar lebih cepat didapatkan, tuliskan saja kata kunci “GB WhatsApp” dan tunggu sistem memberikan banyak rekomendasi situs yang menyediakan tautan unduh. Jika telah ditemukan, segera unduh dan pasangkan pada ponsel pengguna. Proses login sama seperti ketika pertama kali registrasi WhatsApp dan ikuti langkahnya sampai selesai.

2. Masuk ke Menu GB Setting untuk Mengatur Auto Reply

Pada aplikasi GB WhatsApp yang sukses terpasang, segala pengaturan dapat ditemukan pada menu setting. Untuk memasuki menu ini, lihatlah pada bagian atas layar dan temukan icon titik tiga di sebelah kanan atas. Klik pada simbol tersebut dan pengguna dapat menemukan menu “GB Setting” pada baris kedua. Disalah pengaturan auto reply berada.

Pilihan menu tersebut selalu tersedia ketika display pengguna berada pada laman chatting, status maupun panggilan. Setelah menu GB Setting ditekan, akan muncul pilihan baru. Gulir ke bawah dan temukan tulisan “Auto Reply Message”. Cara menggunakan auto reply GB WhatsApp adalah dengan menekan tulisan tersebut dan lanjutkan dengan menekan tanda plus pada bagian kiri bawah.

3. Mengisi Pesan Auto Reply yang Akan Dikirimkan

Setelah tahapan tadi dilalui, kini saatnya menuliskan catatan sebagai pesan otomatis yang akan dikirimkan. Pada laman baru terdapat tempat untuk menuliskan pesan di bawah bacaan Auto Reply Message. Tuliskan pesan pengguna pada garis yang bertuliskan “Should be sent”. Pengguna bisa mengabari bahwa ini adalah pesan otomatis ataupun memberi tahu kapan pesan bisa dibalas.

4. Mengatur Waktu Dimulai hingga Berakhirnya Fitur dan Spesifikasi Penerima Pesan

Rasanya, tidak setiap saat pesan auto reply harus digunakan. Pengguna perlu mengatur kapan dimulai dan berakhirnya fitur ini. Pengaturan ini bisa diterapkan melalui pilihan Specific Time dengan menyesuaikan Start Time dan End Time. Untuk mengatur apakah pesan dikirimkan untuk grup, personal chat atau keduanya, pengguna dapat menekan pilihan pada opsi Receiver.

5. Mengakhiri Pengaturan Auto Reply Message

Pastikan semua pengaturan telah sesuai mulai dari pesan otomatis yang akan dikirim, siapa penerima pesan hingga jangka waktu pesan tersebut. Jika semua sudah sesuai, tekan tombol “Add” yang ada pada bagian bawah aplikasi GB WhatsApp di laman yang sama. Akhiri dengan mengaktifkan fitur Auto Reply Message melalui toggle di sampingnya.

Dengan mengikuti cara menggunakan auto reply GB WhatsApp di atas secara bertahap, pesan otomatis telah aktif dan siap dikirim. Ketika ada pesan masuk, fitur tersebut akan membalas pesan sesuai yang diatur pengguna. Tertarik untuk mengetahui tips lain? Kunjungi saja situs bpbdkotabandarlampung.id. Informasi yang dicari mungkin sudah tersedia di sana.