Inilah 5 Cara Membuka Peluang Usaha Pabrik Air Minum yang Menjanjikan

Salah satu kebutuhan manusia yang banyak dibutuhkan adalah air minum. Karena itulah, benda ini juga bisa dijadikan bisnis. Karena itu ada orang-orang yang memikirkan cara memulai peluang usaha pabrik air minum yang menjanjikan. Usaha tersebut dapat memberikan banyak keuntungan bagi pelakunya. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa diterapkan:

1. Membuat Rencana

Langkah pertama agar peluang usaha pabrik air minum yang menjanjikan dapat dimulai dengan lancar adalah membuat perencanaan. Membuka sebuah bisnis, seperti banyak hal lainnya, tentunya membutuhkan pemikiran dan perhitungan yang matang. Orang tersebut harus memikirkan biaya produksi, target penjualan, pendapatan dari pelanggan, dan nama bisnis.

Biaya yang harus diperhitungkan mencakup biaya supplier kemasan, sumber air, dan pegawai. Pelaku usaha juga harus memikirkan target penjualannya yaitu ke toko kelontong, perusahaan kecil, atau konsumen secara langsung. Harga air yang dijual harus diperhitungkan agar mendatangkan profit. Kemudian, tentukanlah nama bisnis untuk didaftarkan.

2. Memperoleh Izin

Setelah membuat rencana, cara membuka usaha pabrik air minum yang menjanjikan berikutnya adalah mendapatkan izin. Pelaku bisnis memerlukan minimal CV sebagai bentuk izin usahanya. Namun, untuk memperoleh hal itu tidak mudah karena membutuhkan banyak dokumen. TDI, IUI, SIPA, NPWP dan sebagainya merupakan contoh persyaratan untuk membangun CV.

Selain untuk mendirikan usaha, kegiatan distribusi produk juga membutuhkan izin edar. Tak hanya itu, Departemen Kesehatan juga menetapkan standar yang harus dipenuhi air minum. Produk berkualitas dapat memperoleh sertifikasi seperti KAN, SNI, ISO, dan sebagainya. Dengan demikian, pembeli tak perlu ragu untuk mengonsumsi air tersebut. Tingkat kepercayaannya juga akan meningkat.

3. Membuat Design Pabrik

Langkah berikutnya adalah merancang design pabrik. Tentunya bangunan tersebut tidak bisa asal dibuat, sehingga memerlukan perhitungan yang matang. Lokasi pabrik haruslah dekat dengan sumber air agar mudah dan cepat diperoleh. Selain itu, target penjualan juga harus mudah dijangkau dari tempat pabrik tersebut. Dengan demikian, ongkos pengiriman dapat dipangkas.

Hal lain yang perlu diperhatikan sehubungan dengan design pabrik adalah luas areanya. Pastikan area pabrik dapat menampung semua mesin dan pegawainya. Salah satu mesin air minum kemasan adalah mesin filtrasi. Dengan alat ini, kotoran-kotoran akan tersaring sehingga air minum menjadi bersih. Kualitasnya pun akan meningkat.

4. Menyiapkan Bahan-bahan Produksi

Untuk membuat suatu produk, dibutuhkan bahan mentah. Pabrik air minum memerlukan sumber air untuk memulai proses produksi. Supplier, air sumur, dan sebagainya dapat dimanfaatkan. Pelaku usaha harus memastikan bahwa kualitasnya baik, agar mengungguli kompetitor dan disukai konsumen. Nantinya, air yang telah diolah dapat diuji di laboratorium pabrik agar dipastikan kualitasnya.

Selain air, diperlukan bahan-bahan lain untuk manufaktur air minum kemasan. Bahan kimia, reagen, botol, tutup botol, kantong, dan boks karton merupakan beberapa contohnya. Dengan bahan kimia dan reagen, air akan terbebas dari bahaya fisik, kimia, dan biologi. Botol-botol kemasan pun dapat dimodifikasi dan dihias agar menarik konsumen untuk membeli produk.

5. Melakukan Proses Produksi dengan Tepat

Setelah izin, gedung, sumber bahan, dan peralatan sudah siap, kini proses produksi dapat dimulai. Terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui agar air minum dalam kemasan dapat dihasilkan. Langkah-langkah tersebut harus dilakukan dengan tepat dan teratur, sehingga hasilnya juga bagus. Tak hanya itu, proses produksi harus dikontrol dan sesuai SOP.

Tahapan produksi tersebut antara lain proses filtrasi, sterilisasi awal dan lanjutan, pengadukan, dan pengisian. Selanjutnya juga ada langkah pemberian label dan expired date, pengepakan, dan penyimpanan. Setelahnya, air minum dalam kemasan yang telah jadi dapat didistribusikan. Hitunglah agar harga air yang terjual sepadan dengan biaya produksi dan mendatangkan profit.

Membangun peluang usaha pabrik air minum yang menjanjikan memang tidak mudah. Dibutuhkan modal, usaha, dan waktu yang tidak sedikit untuk melakukannya. Meski demikian, hasil yang nantinya bisa dipetik juga memuaskan. Selain memberikan hasil berupa uang, pelaku bisnis juga merasa senang karena menghasilkan produk yang berguna bagi konsumen.