Moneygram Meluncurkan Pembayaran USDC Menggunakan Blockchain Stellar

Kemitraan ini akan memungkinkan pelanggan MoneyGram untuk melakukan deposit dan menarik uang dari akun mereka menggunakan stablecoin USDC di cabang fisik.

Perusahaan jasa keuangan, MoneyGram International, melakukan kemitraan dengan Stellar Development Foundation untuk memungkinkan konsumen melakukan pengiriman uang menggunakan stablecoin populer Circle, USD Coin (USDC) dan mengkonversi langsung kedalam mata uang fiat.

Berdasarkan pengumuman pada tanggal 6 Oktober, MoneyGram memiliki dukungan terintegrasi yang memungkinkan dompet kripto terhubung ke Jaringan Stellar untuk mengakses platform ritel globalnya. Bekerja bersama dengan Circle, MoneyGram juga akan memungkinkan “pembayaran instan”, pendanaan akun, dan penarikan ke uang fiat lokal menggunakan token stabil USDC.

United Texas Bank akan bertindak sebagai bank settlement yang akan menyelesaikan proses dalam kerangka peraturan yang berlaku.

Berita terkait : Mari Mengenal Ethereum Classic

“Ketika mata uang kripto dan digital meningkat, kami sangat optimis tentang potensi stablecoin sebagai metode untuk merampingkan pembayaran lintas batas.” Kata Alex Holmes, Ketua dan CEO MoneyGram.

Kemitraan ini diharapkan akan diluncurkan pada akhir tahun 2021 di yurisdiksi tertentu, dengan peluncuran internasional yang akan diperluas lagi dan direncanakan pada tahun 2022. Denelle Dixon, CEO dan direktur eksekutif Stellar Development Foundation, menyatakan:

“Segmen baru pengguna uang tunai akan dapat mengkonversi uang tunai mereka masuk dan keluar dari USDC, memberi mereka akses ke layanan aset digital yang cepat dan terjangkau yang sebelumnya mungkin tidak terjangkau.”

Integrasi MoneyGram dengan Stellar datang hanya selang beberapa bulan setelah perusahaan tersebut pindah sehingga memungkinkan pelanggan untuk menarik aset kripto secara tunai melalui outlet point-of-sale di Amerika Serikat. Layanan ini diluncurkan atas kemitraan dengan ATM Bitcoin dan operator pertukaran crypto Coinme.

Berita terkait: Memilih Dompet Bitcoin Di Indonesia 2021

MoneyGram tidak asing dengan teknologi blockchain, setelah bermitra dengan teknologi buku besar terdistribusi Ripple pada Juni 2019 untuk berkolaborasi dalam pembayaran lintas batas dan penyelesaian valuta asing dengan aset digital.

Namun, kesepakatan itu gagal karena ketidakpastian mengenai gugatan Komisi Sekuritas dan Bursa AS yang menargetkan Ripple. MoneyGram menangguhkan dukungan untuk platform Ripple selama kuartal pertama tahun 2021.

Stellar diluncurkan oleh salah satu pendiri Ripple Jed McCaleb setelah kepergiannya yang penuh gejolak dari proyek Ripple pada tahun 2014 silam.