Peluang Bisnis Cafe Kecil dan Cara Mendapatkan Modal Usaha

Usaha café kecil dapat menjadi salah satu peluang bisnis yang sekarang ini cukup banyak diminati oleh generasi muda. Apalagi rincian modal usaha cafe kecil juga tidak terlalu besar. Saat ini banyak anak muda yang senang menghabiskan waktu luang di luar rumah dengan bersantai di café. Ada yang hanya sekedar ingin melepas penat, ngobrol santai dengan teman, menikmati suasana café yang unik, dan bahkan banyak juga yang café untuk mengerjakan tugas.

Café kecil atau mini café termasuk kategori bisnis kuliner yang identik dengan kopi. Namun saat ini café tidak hanya sekedar menjual kopi tetapi juga aneka minuman dan makanan. Dengan banyaknya menu yang disediakan, café tersebut tentu mampu mengakomodasi lebih banyak pelanggan.

Mengapa Membuka Mini Café

Usaha café dan sejenisnya di tanah air saat ini terus berkembang. Usaha ini juga tidak pernah sepi oleh pembeli dan keuntungan yang ditawarkan cukup tinggi dengan target market yang luas dan rincian modal usaha cafe yang tidak terlalu besar. Sebagai salah satu jenis usaha, mini café memiliki beberapa keunggulan. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa usaha ini layak untuk dijadikan pilihan.

  • Pangsa Pasar Luas

Café memiliki pangsa pasar yang luas karena targetnya adalah semua orang mulai dari kalangan kelas bawah hingga menengah ke atas. Jadi Anda tidak perlu merasa khawatir sepi pembeli ketika membuka usaha café mini. Bisnis tersebut pasti akan selalu diminati oleh masyarakat asalkan tempatnya nyaman atau bagus, pelayanan bagus, makanan dan minuman enak serta harga yang terjangkau.

  • Menu Sederhana

Anda tidak perlu memiliki keahlian memasak untuk membuka usaha yang satu ini. Pasalnya menu yang ditawarkan untuk café mini biasanya hanya menu-menu sederhana dan siap saji. Dengan nama yang unik dan penyajian yang menarik, menu yang biasa-biasa saja akan menjadi lebih istimewa. Untuk menu makanan yang standar untuk café antara lain adalah mie instan, kentang goreng, sandwich, dan makanan cepat saji lainnya. Sementara itu, Anda bisa fokus untuk menyajikan kopi dan minuman yang enak. Ketika Anda mampu membuat menu yang terlihat berkelas dengan harga terjangkau, menu tersebut tentu akan dengan mudah menarik perhatian konsumen.

  • Tidak Perlu Tempat Luas

Café mini bisa dijalankan di tempat yang sempit dan bangunan yang sederhana. Bahkan café dengan konsep tradisional yang menggunakan saung-saung bambu pun kini banyak diminati. Hal terpenting yang perlu disiapkan adalah café tersebut tempatnya harus nyaman sehingga pengunjung merasa betah berlama-lama untuk nongkrong di sana.

Mini café menjadi salah satu alternatif bagi para pelaku usaha yang ingin memulai café tetapi memiliki keterbatasan di bagian modal. Modal menjadi hal yang wajib disiapkan sebelum memulai usaha apapun, termasuk café. Bagi yang belum pernah menjalankannya, Anda mungkin bertanya-tanya berapa modal usaha cafe mini. Untuk memudahkan Anda memperkirakan modal yang dibutuhkan, berikut ini adalah rincian modal usaha cafe kecil yang perlu disiapkan.

  • Sewa Tempat Rp 10.000.000,-
  • Peralatan masak  Rp 2.500.000,-
  • Peralatan makan dan minum Rp 1.500.000,-
  • Bahan baku minuman dan makanan Rp 3.000.000,-
  • Biaya operasional dan lain-lain Rp 3.000.000,-

Jika ditotal dari rincian modal usaha cafe sederhana, jumlah modal yang diperlukan untuk memulai usaha ini adalah Rp 20 juta. Namun jumlah di atas dapat diminimalisir jika Anda sudah memiliki tempat usaha sendiri misalnya membukanya di rumah sehingga modal yang diperlukan hanya sekitar Rp 10 juta. Bingung untuk modalnya? Anda bisa kunjungi Disetujui.Id untuk melihat cara mudah mendapatkan pinjaman modal usaha.

Di awal usaha, sebaiknya siapkan bahan baku seperlunya untuk meminimalisir resiko tidak laku. Ketika peminatnya sudah semakin banyak, Anda dapat menambah jumlah bahan baku. Sementara itu untuk peralatan masak, perkiraan modal di atas diasumsikan jika Anda membeli alat masak baru. Jadi jika peralatan masak sudah ada, maka Anda tidak perlu membeli alat masak baru.

Cara Mendapatkan Modal Untuk Mini Café

Seperti yang telah dijelaskan di atas, modal usaha cafe minimalis yang diperlukan berkisar antara Rp 10 juta sampai Rp 20 jutaan. Modal tersebut dapat berasal dari beberapa sumber di antaranya adalah sebagai berikut

  • Tabungan

Bagi Anda yang mempunyai tabungan, Anda dapat menggunakan tabungan tersebut untuk memulai usaha. Menggunakan tabungan membuat Anda tidak perlu merasa terbebani untuk mengembalikannya karena itu merupakan uang Anda sendiri sehingga dari penghasilan café tersebut Anda bisa perlahan-lahan menabung kembali.

  • Meminjam Dari Orang Lain

Jika tidak memiliki tabungan, cara yang paling banyak dilakukan adalah meminjam modal dari orang lain misalnya dari layanan pembiayaan. BFI Finance merupakan salah satu layanan pembiayaan yang dapat menjadi solusi bagi siapa saja yang ingin memulai usaha tetapi terkendala oleh biaya. Layanan tersebut akan memberikan pinjaman cukup dengan jaminan BPKB motor atau BPKB mobil. Dengan kemudahan yang ditawarkannya, Anda tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk mendapatkan modal yang dibutuhkan sehingga dapat segera memulai usaha.

Berdasarkan rincian modal usaha cafe kecil usaha ini tidak perlu modal yang besar sehingga Anda juga tidak perlu meminjam dalam jumlah yang besar dari layanan pembiayaan. BFI Finance adalah layanan pembiayaan yang sudah terpercaya dan siap melayani berbagai kebutuhan dana masyarakat. Dengan persyaratan yang mudah, Anda dapat mendapatkan pinjaman  dana sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan.

Selain itu proses pengajuan dan pencairan pinjaman juga cukup cepat sehingga Anda tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk mendapatkan uang dan bisa segera memulai usaha. Jika Anda tertarik tetapi masih ada hal-hal yang kurang jelas atau ingin ditanyakan, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan customer service BFI Finance yang responsive dan ramah.