Simak Ulasan Cara Memperbaiki Headset Sesuai Kerusakannya

Teknologi yang semakin canggih menghadirkan alat-alat untuk memudahkan masyarakat dalam kegiatan sehari-hari. Contohnya sekarang mendengarkan lagu lebih praktis dan efisien dengan menggunakan headset. Melihat fungsi headset yang berguna untuk menyalurkan suara agar lebih keras lebih baik orang-orang mengetahui cara memperbaiki headset rusak. Mengingat mendengarkan juga lebih fokus dan tidak mengganggu sekitar karena bising.

Fungsi headset yang lain dapat digunakan untuk bermacam-macam keperluan baik untuk keperluan sekolah, pekerjaan atau untuk bersantai. Headset juga lebih praktis, mudah dibawa kemana-mana apalagi ringan dan tidak memakan banyak tempat. Berikut ini adalah beberapa cara membenahi headset rusak menurut kerusakan, yaitu:

1. Kabel Putus

Kabel putus yang dibebankan beberapa hal otomatis akan membuat headset tidak dapat dipakai untuk mendengarkan suara. Penyebab dikarenakan kabel dimakan tikus, kabel tertekuk atau kabel tertarik yang menyebabkan putus. Untuk cara memperbaiki headset rusak karena kabel putus dengan cara mengganti kabel dengan yang baru. Siapkan terlebih dahulu kabel yang sesuai ukurannya dengan headset pengguna dan peralatan seperti obeng dan cutter.

Potong kabel dari dua earphone lalu ambil kabel yang baru kemudian sambungkan dengan earphone. Mengganti kabel tidak harus diganti semua, pengguna dapat melakukan penggantian dibagikan yang rusak. Jangan lupa cek apakah kabel sudah tersambung dengan benar dengan menguji coba apakah headset sudah menyala seperti sebelumnya.

2. Earphone Mati

Salah satu penyebab kerusakan headset dikarenakan earphone mati sehingga tidak bisa menyalurkan suara ke telinga pengguna. Periksa earphone untuk mendengarkan suara seperti lagu, film atau suara lainnya kalau tidak bisa berarti memang mati. jangan lupa pastikan kabelnya juga jika masih baik ganti earphone saja.

Earphone yang mati harus diganti dengan earphone yang baru, dapat membeli di konter hp earphone saja. Sediakan obeng dan cutter untuk menyambungkan earphone dan kabel. Iris kabel sedikit lalu pasangkan kabel dengan earphone dan cek lagi apa memasangkannya sudah tepat.

3. Colokkan Headset Rusak

Ada alat yang dapat digunakan untuk memeriksa dimana letak kerusakan headset yang disebut multimeter. Multimeter akan mendeteksi mana yang rusak, jika kerusakan ada pada colokan potong colokan. Beli terlebih dahulu colokkan baru lalu sambungkan colokan dengan kabel. Pakai kabel untuk memotong kabel sedikit ke dalam untuk menyambung kabel dengan colokkan.

4. Headset Tidak Ada Suara

Copot lubang suara memakai obeng sebagai cara memperbaiki headset rusak karena headset tidak ada suara. Pisahkan lapisan busa sehingga bisa memperbaiki. Memperbaiki bagian dalam harus mengerti dengan betul, hati-hati membenahinya agar tidak merusak yang lain.

5. Headset Suara yang Terdengar Lirih

Seperti cara memperbaiki headset rusak karena headset tidak ada suara, kalau suara yang terdengar lirih juga harus membuka earphone. Suara lirih bisa disebabkan karena kotor atau pengeras suara yang menurun kinerjanya. Pengeras suara harus diganti bila setelah diperbaiki suara masih lirih. Disarankan untuk meminta orang yang ahli untuk memasang pengeras suara di dalam headset.

6. Colokkan Patah di dalam Ponsel

Langkah yang harus diambil sebagai cara memperbaiki headset rusak karena colokkan patah didalam ponsel harus diambil sisa patahannya. Patahan yang tertinggal didalam lubang headset akan membuat pengguna tidak dapat mendengarkan lagu. Satu-satunya cara menggunakan Cotton bud yang diberi lem lalu dimasukkan untuk menarik sisa patahan.

Itulah beberapa cara memperbaiki headset rusak tergantung kerusakannya, pengguna dapat mencarinya di avandaalvin.com. Sebelum memperbaiki headset ketahui terlebih dahulu bagian rusak sehingga tahu tindakan apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki. Lakukan perawatan headset dengan baik seperti bersihkan secara rutin agar tidak ada debu yang masuk atau kotoran mengganggu. Jauhkan headset dari hal-hal yang menyebabkan kerusakan sebagai langkah untuk mencegah adanya kerusakan.